Suplemen Asam Amino Esensial Meningkatkan Pertumbuhan Otot

Asam amino adalah senyawa organik yang mengandung gugus amino dan gugus asam (biasanya asam karboksilat). Terdapat sekitar 500 jenis asam amino yang sebagian besar adalah non-fisiologis. Selain itu, banyak asam amino fisiologis penting tidak digunakan dalam protein. Namun, dalam biokimia, istilah “asam amino” umumnya mengacu pada salah satu dari 20 jenis unit monomer yang paling umum digunakan untuk membangun protein.

Semua asam amino memiliki struktur kimia yang mirip, berisi sebuah atom karbon pusat dan karbon ini terpasang sebuah gugus karboksil, yang terdiri dari karbon dan oksigen, dan gugus amino yang terbuat dari nitrogen dan hidrogen. Asam amino yang dihubungkan oleh ikatan kimia yang disebut peptida membentuk protein. Ikatan ini sangat sulit dipecahkan, namun asam, enzim, dan agen lainnya mampu memecahkan ikatan tersebut misalnya saat proses pencernaan. Rantai samping pada asam amino memberikan sifat kimia yang berbeda pada masing-masing yang mempengaruhi bagaimana berinteraksi ketika dimasukkan ke dalam molekul protein dan bagaimana sel-sel mencernanya.

Suplemen protein dalam berbagai macam bentuk telah dilakukan kurang lebih sejak hampir 3.000 tahun yang lalu. Atlet Yunani kuno makan daging dalam jumlah besar untuk membantu membentuk otot dan stamina. Namun, para ahli gizi menolak keras mengenai efektivitas suplementasi protein sampai beberapa tahun yang lalu.

Penelitian canggih dengan radioaktif menunjukan bahwa suplementasi protein sebelum dan sesudah latihan beban mempercepat pembentukan protein otot yang di bentuk oleh tubuh

Ilmuwan Universitas Texas menunjukan bahwa suplemen yang mengandung asam amino esensial memacu pembentukan otot lebih baik daripada yang tidak mengandung asam amino esensial

Peneliti Inggris menunjukan bahwa individu yang melakukan latihan beban hanya memerlukan 15 gram protein per kilogram berat badan untuk pertumbuhan otot yang optimal.

Dewasa ini, lebih dari penelitian mengenai hal tersebut menunjukan bahwa atlet sebaiknya menggunakan suplemen yang mengandung asam amino esensial, baik sebelum maupun segera setelah melakukan latihan beban. Ini akan mempercepat waktu pemulihan dari latihan dan meningkatkan kecepatan pertumbuhan otot.

One thought on “Suplemen Asam Amino Esensial Meningkatkan Pertumbuhan Otot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *