MANFAAT OLAHRAGA

  1. Menjadi lebih giat (energizes)

Tenaga yang diproduksikan akan melebihi dari kebutuhan aktivitas kita sepanjang hari. Bukankah menguntungkan jika setelah Anda pulang kerja Anda masih ada cukup tenaga untuk memotong rumput atau membersihkan rumah dan sebagainya?

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Senam kebugaran (aerobic) menurunkan tekanan darah dari penderita tekanan darah tinggi. Perlu diketahui bahwa pengobatan tekanan darah tinggi dapat menimbulkan berbagai efek samping. Para pasien tekanan darah tinggi sering dicoba dengan berbagai jenis obat darah tinggi, sebelum ditemukan pengobatan yang dapat ditoleransikan efek sampingnya. Olahraga merupakan pengobatan secara alamiah yang efektif.

  1. Menguatkan tulang-tulang

Satu dari 2 (dua) wanita yang berumur di atas 50 tahun akan mengalami patah tulang disebabkan adanya keropos tulang (osteoporosis) sedangkan pada pria hanya satu dari 8 (delapan) pria yang berumur di atas 50 tahun. Terutama terjadi pada para wanita setelah menopause (berhentinya haid selama 12 bulan), karena menurunnya hormon estrogen secara drastis. Berikut ini adalah perubahan hormon estrogen terhadap periode mati haid wanita.

Perubahan Tingkatan Hormon Estrogen dalam Mati Haid (Menopause)

Hormon estrogen mengambil peranan utama dalam pembentukan tulang baru. Puncak pembentukan tulang yang maksimum terdapat pada usia tiga puluh lima tahun. Setelah itu massa produksi tulang makin hari makin menipis. Lima tahun pertama sesudah wanita mengalami mati haid, persentase massa produksi tulang yang hilang adalah sekitar 3 sampai 5% setiap tahun dan selanjutnya sebanyak 1 sampai 2% pada setiap tahun berikutnya. Akibat adanya keropos tulang ini maka akan ada perubahan postur pada wanita. Postur bada pada wanita usia 65 tahun akan mulai membongkok, dan pada usia 75 tahun postur badannya sudah sangat bongkok kerena hilangnya massa produksi tulang di tulang punggung yang bisa menyebabkan patah tulang di tulang punggung. Keropos tulang juga dapat mengakibatkan patah tulang di pergelangan tangan dan panggul. Selama para wanita melakukan gerak badan dengan memikul berat seperti berjalan cepat, berlari cepat atau naik turun tangga, maka massa produksi tulangnya dapat ditingkatkan sebanyak 2 sampai 3% per tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *