Salah Satu Usaha Mencegah Stroke

Stroke merupakan penyakit berbahaya yang cukup ditakutkan, seseorang yang mengalami penyakit ini akan kehilangan sebagian hidupnya. Bagaimana tidak, stroke dapat menyebabkan kelumpuhan pada keseluruhan tubuh manusia. Maka dari itu, banyak kegiatan yang tidak dapat dilakukan seperti sedia kala. Untuk itu alangkah baiknya jika kita mengetahui cara mencegah dan mananggulangi penyakit stroke. Pastinya mencegah lebih mudah dari mengobati, selain itu lebih baik juga Anda melakukan pencegahan daripada pengobatan. Anda tidak perlu mengalami rasa sakit terlebih dahulu untuk pengobatan.

Semua penyakit tentu dapat di cegah, jika kita tahu cara mengobatinya. Dalam hal ini yang dibahas adalah penyakit stroke.Sekalipun penyakit ini adalah penyakit yang berbahaya tetap saja harus melakukan berbagai cara untuk mengobatinya. Caranya yaitu :

  • Berhenti merokok, jika anda seorang perokok maka resiko terkena stroke 33% lebih tinggi daripada yang tidak merokok.

  • Mengkonsumsi potasium. Potasium merupakan salah satu nutrisi yang dapat membunuh stroke.

  • Mengurangi konsumsi lemak, lemak merupakan salah satu zat yang tidak baik untuk jantung dan otak. Maka hindarilah lemak.

  • Olahraga teratur, banyak yang didapat dari olahraga. Selain tubuh yang sehat, jantung pun kuat. Maka perbanyaklah olahraga yang teratur. Olahraga tidak harus berat. Cukup jalan kaki sehari 15 menit.

Menurut penelitian Harvard School of Public Health, apa yang anda makan dapat membantu usaha mencegah stroke. Meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran dapat mencegah pembentukan pembekuan darah.

Jurnal The American Medical Association mempublikasikan data bahwa dari 114.279 orang yang diteliti, mereka yang mengkonsumsi buah dan sayuran cukup banyak (lima kali saji atau lebih) mengalami penurunan resiko stroke iskemik sebanyak 30% daripada mereka yang hanya mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran sebanyak 2 kali atau lebih sedikit.

Jika rata-rata dalam satu hari Anda minum segelas besar jus jeruk, maka satu apel pada saat makan siang, dan makan selada pada saat makan malam, berarti Anda sudah mengkonsumsi buah dan sayuran sebanyak lima kali saji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *