Kopi Ternyata Bisa Jadi Penyelamat Hidup

Peneliti menemukan bukti-bukti baru bahwa kopi bagus untuk manusia. Orang yang meminum kopi secara berkala dan dengan takaran yang tidak terlalu banyak cenderung terhindar dari penyakit, mulai dari diabetes sampai gangguan jantung, yang menyebabkan kematian. Batas mengkonsumsi kopi untuk setiap harinya adalah lima cangkir, bahkan kopi tanpa kafein pun dapat membantu menghindarkan penyakit. Tim Harvard University’s school of public health mengemukakan fakta ini.

Bahkan kopi tingkat berat pun tidak dapat menandingi kerusakan yang disebabkan oleh rokok, mereka melaporkan hal ini di journal Circulation.

“Pesan inti yang dihasilkan dari penelitian ini adalah konsumsi kopi yang normal, tiga sampai lima cangkir sehari, berhubungan dengan pengurangan risiko total angka kematian dan kematian yang disebabkan oleh diabetes penyakit kardiovaskular dan bunuh diri.” Ujar Frank Hu seorang profesor dalam bidang nutrisi dan epidemologi yang membantu mengarahkan penelitian ini, ia mengutarakannya pada NBC.

“Pada penelitian terakhir dalam hal ini, kebanyakan kopi yang dipakai adalah kopi berkafein. Di dalam penelitian ini, baik kopi berkafein ataupun tanpa kafesin sama-sama mengurangi risiko kematian tetapi belum ada kesimpulan akhirnya.”

Frank Hu dan rekannya melihat pada dua sumber informasi: survei yang dilakukan kepada lebih dari 200.000 dokter dan perawat yang telah melakukan pembaharuan dalam penelitian pada pola makan dan gaya hidup dan detil lainnya tentnag hidup mereka selama lebih dari 20 tahun.

Pengkonsumsi kopi secara keseluruhan cenderung tidak mengalami kematian yang disebabkan oleh panyakit seperti yang dialami mereka yang tidak mengkonsumsi kopi, efek ini bahkan lebih kuat dan jelas ketika para peneliti mengeliminasi para perokok. Orang yang tidak merokok dan mengkonsumsi kopi memiliki tingkat 8 sampai 15 persen terhindar dari kematian, tergantung kepada seberapa banyak mereka mengkonsumsi kopi.

“Ini adalah berita bagus untuk orang yang mengkonsumsi kopi karena bukti ini sangat kuat. Mengkonsumsi kopi bagus untuk kesehatan jangka panjang.” Frank Hu berkata.

Ini bukan korelasi yang jelas. Orang yang mengkonsumsi kopi biasanya juga merokok, minum minuman beralkohol, dan gemar memakan daging merah. Gaya hidup lainnya mungkin saja terjadi bersamaan dengan mengkonsumsi kopi, dan para peneliti tidak melaporkan apakah para pengkonsumsi ini mengkonsumsi kopi hitam, dengan krim, gula, atau kopi di kedai-kedai kopi.

“Kami tidak mengajurkan kopi dijadikan strategi untuk mencegah penyakit kronis karena mengkonsumsi kopi adalah kebiasaan yang bersifat individual dan ada faktor besar dalam pola makan yang memegang efek yang besar. Orang harus hati-hati dengan jumlah gula tambahan yang dimasukan ke dalam kopi yang mana dapat menjadi masalah.” Frank Hu melanjutkan.

Bagaimana bisa meminum kopi dapat memberikan efek pada kesehatan? Minuman adalah sumber diet nomor satu dalam program diet anti-oksidan –lapisan kimiawi itulah yang memerangi kerusakan DNA yang disebabkan oleh kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *