KHASIAT BUAH DAN SAYUR YANG BERWARNA HIJAU

Warna hijau dalam sayuran dan buah disebabkan adanya pigmen klorofil. Lutein dan zeaxanthin adalah dua karotenoid yang ditemukan pada kacang polong warna kuning, juga bayam dan sayuran hijau gelap lainnya. Kedua senyawa ini diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko katarak. Warna hijau ini juga tinggi serat dan sumber potasium, magnesium, dan folat yang sangat dianjurkan untuk orang-orang yang sedang merencanakan kehamilan.

Komponen pokok yang dikandung bahan pangan berwarna hijau adalah klorofil. Klorofil memiliki banyak manfaat karena kaya akan zat antiradang, antibakteri, antiparasit, antioksidan, dan antikanker. Mengonsumsi bahan pangan berwarna hijau mampu mendorong dan mempercepat pembersihan jaringan yang sudah tidak baik, berikut bakteri, parasit, dan racun kimia sintetis. Daat dikonsumsi, klorofil akan membantu fungsi hati membongkar senyawa kimia sintetis seperti pestisida, narkotika, monosodiumglutamat, boraks, dan formalin. Inilah mengapa klorofil sering dimanfaatkan dalam proses detoksifikasi.

Selain itu, klorofil juga mampu mendongkrak produksi darah merah sekaligus sebagai perangsang produksi sel darah putih, sehingga dikatakan sebagai zat antianemia dan pendongkrak sistem imun. Kandungan asam nukleat dan asam amino pada klorofil juga dapat berperan sebagai penenang alami. Untuk mendapatkan manfaat klorofil, konsumsilah sayuran berhijau daun seperti bayam, alfalfa, brokoli, selada, kacang hijau, sawi, seledri, bok choy, dan brussel sprouts. Juga buah-buahan seperti melon, pir hijau, apel hijau, alpuket dan kiwi. Selain mengandung klorofil, bahan pangan hijau juga mengandung asam folat yang memiliki banyak manfaat pula.

Asam folat sangat dibutuhkan perempuan hamil untuk mencegah terjadinya cacat pada susunan syaraf pusat janin. Asam folat juga mampu mencegah anemia, penyakit kardiovaskuler, menurunkan risiko kanker dan mencegah alzheimer. Ini disebabkan asam folat mampu meningkatkan kinerja otak dan meningkatkan kemampuan memori jangka pendek. Bahan pangan berwarna hijau juga kaya akan vitamin C dan K. Terutama vitamin K yang memiliki manfaat menghancurkan sel kanker juga sebagai zat beku darah. Fungsi beku darah ini yang mampu mengurangi pengerasan pada pembulu darah karena timbunan plak kalsium, sehingga dapat meminimalisasi risiko penyakit jantung dan stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *