Tomat Mencegah Kanker Prostat

Apakah anda mengkonsumsi buah-buahan setiap hari? Jika tidak, resiko untuk mengalami kanker prostat menjadi lebih besar. Jarang ada makanan yang lebih baik daripada tomat dalam mencegah kanker prostat dan penyakit generatif lainnya.

Siapapun pasti tahu buah Tomat, tapi tahukan anda bila tomat pun bermacam bentuk. Pertama tomat buah, tomat berwarna merah, tomat berdaging tebal, tomat dengan biji berair dan mudah ditemukan di pasar tradisional Indonesia sekali pun.

Sementara yang berukuran kecil dan biasanya berwarna oranye dan kehijauan bila belum matang, dikenal sebagal tomat sayur karena kerap digunakan dalam masakan. Selain itu ada juga yang berukuran kecil sebesar kelereng disebut tomat ceri. Jenis tomat ini juga digunakan untuk campuran membuat sambal atau dalam hidangan salad.

Namun jika dibandingkan dari semua jenisnya tomat, yang paling baik dikonsumsi adalah tomat merah. Tomat berwarna merah atau disebut tomat buah mengandung vitamin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat sayur. Semakin matang tomat, semakin kaya kandungan vitaminnya. Zat dalam tomat saat dimasak dengan sayuran lain pun tidak hilang malah menghancurkan Radikal Bebas dalam masakan.

Makan tomat setiap hari dapat mencegah penyakit jantung, kanker dan dapat memperbaiki kesehatan seksual Anda.

Para ilmuan menyatakan bahwa zat kimia yang disebut likopena (zat kimia yang membuat tomat berwarna merah) adalah zat yang mengurangi resiko kanker prostat, payudara, usus besar, paru-paru dan mungkin dapat memperbaiki kesuburan pria.

Peneliti Universitas Illinois menemukan bahwa tomat mengurangi resiko kanker prostat lebih baik daripada suplemen likopena yang diberikan pada tikus yang telah diberi zat karsinogen yang memudahkan terjadinya kanker prostat.

Likopena itu penting. Faktor lain yang penting yang terdapat pada tomat antara lain : betakaroten, vitamin C dan vitamin E yang semuanya mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Penelitian ini menunjukan bahwa suplemen mungkin baik untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan, tetapi tidak dapat menggantikan pengaturan makan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *