Jangan Lakukan Hal Ini Bila Tidak Ingin Terkena Osteoporosis

Gejala

Osteoporosis terjadi secara periahan karena berkurang nya kepadatan tuiang. Hal ini terjadi secara periahan, terutama osteoporosis seniiis. iniiah sebabnya mengapa osteoporosis disebut sebagai silent disease. Berdasarkan berbagai kasus yang terjadi, patah tulang sering kaii menjadi gejaia utama. Selain itu, juga terjadi berbagai gejaia lainnya seperti kondisi tubuh yang lebih pendek, bungkuk, nyeri tulang punggung menahun, postur kaki mulai bengkok biasanya berbentuk 0, dan berbagai gejala iainnya yang kesemuanya disebabkan karena ruas~ruas tulang melemah dan memendek.

Tinggi Badan Berkurang

Waspadalah jika temyata Anda mengalami tinggi badan yang tambah hari semakin berkurang. Hal ini bisa menjadi suatu gejala dari osteoporosis yang disebabkan terjadinya fraktur tulang belakang. Hal ini semakin positif jika penurunan tinggi badan sampai mencapai 2 cm selama 3 tahun. Bahkan jika berkurangnya tinggi badan ini sampai 10 15 cm, osteoporosis sudah masuk ke dalam kategori berat.

Bentuk Badan Tidak Tegak Lagi

Bentuk badan yang sudah tidak tegak lagi atau mem- bungkuk, juga sebagai gejala dari adanya osteoporosis. lni disebabkan karena adanya kerusakan pada beberapa ruas tulang belakang dari daerah dada (thoracal) dan pinggang (iumbal). Fraktur yang terjadi ini adalah fraktur kompresi atau koiaps tulang sehingga dapat menyebabkan badan menjadi bungkuk.

Makanan Siap Saji

Kandungan lemak, sodium, dan gula yang tinggi ada pada makanan siap saji yang menyebabkan kepadatan tuiang berkurang. Kombinasi yang lengkap ini sangatlah ampuh dalam merusak tuiang. Apaiagi, makanan siap saji biasanya disajikan dengan minuman bersoda.

Dalam hat ini, WHO tahun 1994 mendefinisikan osteoporosis sebagai penyakit tulang sistemik yang ditandai dengan penurunan kualitas dan kepadatan massa tulang. Sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh, dan risikonya adalah patah tulang. Kondisi ini terjadi bukan tanpa sebab, namun karena tulang kekurangan zat kapur. Dan, biasanya hal inl banyak menyerang orang yang sudah lanjut usia. Oleh karena itu gaya hidup ketika masa muda sangat berperan penting untuk menghindari serangan Osteoporosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *