Olahraga Dapat Membantu Mencegah Beberapa Macam Penyakit

Diabetes
Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi. Sel-sel dalam tubuh manusia membutuhkan energi dari gula (glukosa) untuk bisa berfungsi dengan normal. Yang biasanya mengendalikan gula dalam darah adalah hormon insulin.Dalam penelitian di Finlandia, mereka yang berolahraga sampai 4 jam per minggu mengalami penurunan risiko terkena diabetes sebanyak 80%, meskipun mereka tidak mengalami penurunan berat badan.

Kanker
Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.Mereka yang melakukan olahraga sedikitnya 30 menit, 5 kali per minggu, risiko untuk mengalami kanker kolon (ususbesar) berkurang 50% menurut American Cancer Society.


Penyakit Jantung
Dalam penelitian Universitas Harvard, berolahraga jalan 4,8 km/jam atau lebih, setidaknya 3 jam dalam 1 minggu, dapat mengurangi risiko penyakit sebanyak40%.Pria yang melakukan olahraga jalan kurang dari 400 meter sehari berisiko penyakit jantung 2 kali lebih banyak daripada yang melakukan olahraga jalan sedikitnya 2,4 km sehari.


Osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Massa tulang berkurang pada awal pertengahan 30-an. Makin tua, pengurangan massa tulang makin cepat sehingga kurang lebih 20% pada 5-7 tahun setelah menopause. Namun, kepadatan tulang pada wanita akan meningkat dengan melakukan latihan beban 2 kali dalam 1 minggu. Setelah 1 tahun, kepadatan tulangnya akan bertambah.


Radang Sendi (Artritis)
Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Latihan olahraga teratur dapat mengurangi rasa sakit, kebutuhan obat, dan membantu mengurangi risiko pembedahan di waktu mendatang. Beberapa penelitian menemukan bahwa olahraga aerobik, seperti jalan, dapat menurunkan peradangan pada beberapa sendi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *