Gejala dan Penyebab Gagal Ginjal Akut

Gejala gagal ginjal akut berbeda-beda, tergantung pada penyebabnya saja, apakah disebabkan oleh prerenal, renai, atau pos-trenal. Agar Anda lebih tahu perbedaan gejala tersebut, Iihat uraian berikut:

1. Pre-renal (berkurangnya aliran darah ke ginjal)

Penyebab Gaga! ginjal akut (GGA) prerenal adalah hipoperfusi ginjal. Hipoperfusi ini umumnya disebabkan oleh hipovolemia atau menurunnya volume sirkulasi yang efektif, seperti dehidrasi, hemoragi, asites atau insuflsiensi sirkulasi, seperti syok, gagal jantung kongestif, aritmia, dan hipotensi berkepanjangan. GGA pre-renal juga bisa disebab. kan karena obat-obatan yang dapat mengeluarkan cairan bedebih. Sehingga, gangguan aliran darah ke ginjal terganggu karena adanya sumbatan pada pembuluh darah ginjal.

Dalam kondisi ini, beberapa gejala yang timbul dan dapat dirasakan oleh penderita adalah timbulnya rasa haus dan pusing ketika me!akukan perubahan posisi tubuhnya. Hal ini disebabkan karena adanya penurunan tekanan darah, denyut nadi yang cepat (lebih besar 100x/menit), bibir kering, dan Procluksi keringat berkurang.“

2. Renal (kerusakan aktual faringan ginjal)

Kondisi renal terjadi karena adanya perubahan perenkim ginjal yang merusak nefron. Gagal ginjal akut renal dapat disebabkan oleh kelainan vaskular seperti vaskulitis, hipertensi maligna, glomerulus nefritis akut, nefritis interstitial akut. Kerusakan ginjal ini juga dapat disebabkan oleh sepsis, obat-obatan yang toksik terhadap ginjal, rhabdomyolysis, multiple myelama, dan glomerulonefritis akut atau peradangan pada glomeruli.

GGA ini dapat dicurigai melalui kondisi yang disebabkan oleh aliran darah yang ke ginjal terganggu (ginjal rusak). Jika kerusakan ginjal dicurigai karena bahan-bahan yang bersifat toksik terhadap ginjal, maka dapat ditelusuri riwayat penggunaan obat-obatan sebelumnya atau penyakit- penyakit yang dapat menghasilkan zat-zat berbahaya bagi ginjal. Dan, nyeri pinggang pun juga dapat menyertai jika gagal ginjal disebabkan oleh kelainan pembuluh darah ginjal atau peradangan pada ginjal.

3. Pos-trenal (obstruksi aliran urin)

GGA terjadi karena faktor pos-trenal mengalami gangguan pada saluran kemih. Pada gilirannya, setelah ginjal yaitu piala ginjal, ureter, kandung kemih, atau uretra (saluran keIuar kencing). Jika sumbatan hanya pada satu sisi, maka mungkin kadar kreatinin darah tidak banyak berubah. Meski demikian, darah yang disaring oleh ganja! tetap berkurang. Selain itu, GGA pos—trenal juga dapat terjadi karena adanya sumbatan saluran kemih (ureter atau kandung kencing), pembesaran prostat atau kanker prostat, tumor di perut yang menekan serta menyumbat ureter, dan batu ginjal.

Gejala yang dirasakan oleh penderita GGA pos—trenal dapat berupa nyeri pinggang dan nyeri suprapubik (nyeri di daerah perut bawah) yang disebabkan oleh pembesaran kandung kencing dan saluran kencing. Biasanya, penderita akan mengalami rasa nyeri dan menjalar sampai ke kantong zakar. Hal ini disebabkan karena adanya sumbatan akut pada saluran kencing. Jika dicurigai, pembesaran prostat sebagai penyebab gagal ginjal akut dapat dicari riwayat sering kencing maiam hari. Frekuensi kencing yang meningkat dan pada pemeriksaan ditemukan prostat yang membesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *