Kenali Penyebab Kanker Usus Besar

Kelelahan tanpa sebab yang jelas juga sebagai salah satu gejaia kanker usus ini. Biasanya, kelelahan yang terjadi adalah kelelahan ekstrim terus-menerus dan tidak kunjung hilang meskipun sudah beristirahat. Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan darah. Selain sebagai sinyal kanker usus, kelelahan ekstrim juga bisa sebagai tanda dari adanya leukemia dan kanker perut. Seiain itu, penderita mungkin mengalami obesitas yang biasanya ditandai oleh bagian perut yang membuncit. Namun demikian, tidak semua perut buncit berkaitan dengan kanker usus besar, tetapi biasanya perut bisa menjadi buncit ketika terserang kanker usus. Jadi sebelum teriambat, sebaiknya turunkan berat badan karena obesitas juga disebut sebagai salah satu faktor risiko kanker usus.

Beberapa gejala lainnya dari adanya serangan kanker Usus ialah adanya ambeien dan perut masih terasa penuh meskipun sudah buang air besar.

Kanker usus besar bisa dipicu oleh beberapa hal sebagai faktor penyebabnya. Faktor penyebab ini dapat dikelompokā€˜ kan menjadi dua, yaitu, faktor yang dapat diubah dan yang tidak dapat diubah.

Faktor yang Tidak Dapat Diubah

Faktor usia. Semakin bertambah umur seseorang, maka akan semakin berisiko terkena kanker usus besar. Kebanyakan kasus orang yang terdiagnosis kanker usus atau kolorektal ini berusia di atas 50 tahun. Dan, hal ini tidak bisa diganggugugat.

Risiko kanker usus besar akan meningkat jika Anda mempunyai beberapa riwayat seperti berikut:

  • Riwayat penyakit polip kolorektal atau kanker usus besar sebelumnya. Riwayat penyakit radang/infeksi usus seperti kolitis ulserativa atau penyakit chron.

  • Riwayat menderita infeksi usus besar (colitis ulcerative atau penyakit chron).

  • Riwayat polip atau pun kanker usus besar dalam keluarga. Sejarah keluarga kanker kolorektal dan atau polip adenomatosa familial atau kanker kolorektal non- polip keturunan.

Beberapa faktor tersebut mungkin saja diidap oleh anda, hal inilah yang menyebabkan pemeriksaan kesehatan secara rutin adalah hal yang penting sesibuk apa pun hari anda. Kesehatan adalah hal yang utama dan perlu anda pertahankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *